Sunday, April 7, 2013

Frequently Asked Question 81~88 Basic Series and Issues

81)Berapa lama sebaiknya saya menggunakan cleanser atau facial wash di wajah saya?

Biarkan pembersih atau sabun wajah selama 1 -2 menit sebelum mengangkat atau membilasnya. Dan ingat, jangan menggosok wajah berlebihan karena justru akan membuatnya bertambah kering.

82)Kulit muka saya kombinasi, kering di pipi tapi agak berjerawat dan berkomedo di daerah T. Sehari-hari saya memakai sunscreen gel karena meskipun di kerja di dalam ruangan tapi tempat kerja saya di pinggir pantai. Belakangan ini kok pipi saya kelihatan tambah kering? Apakah saya perlu memakai moistureizer lagi? Kalau perlu, yg cream atau yg lotion?

Mengenai perubahan kondisi kulit yang tambah kering, kemungkinan ada banyak faktor yang berpengaruh. Mulai dari lingkungan, cuaca yang memang bertambah panas atau kering, kadar polusi, dan pengaruh hormon. Untuk mengantisipasi masalah kulit yang bertambah kering, kami anjurkan untuk menggunakan moisturizer cream sebelum menggunakan sunscreen gel. Caranya, setelah mengaplikasikan moisturizer cream, diamkan sebentar hingga agak kering ,baru mengaplikasikan sunscreen gel. Setelah kulit sudah kembali normal, bisa hanya menggunakan sunscreen gel saja atau moisturizer cream saja (jika sedang tidak beraktivitas di luar ruangan). Jangan lupa, untuk perawatan di malam hari, gunakan juga Intensive Night Cream. Selain mengandung Microcollagen yang berperan mengembalikan elastisitas kulit, jga mengandung pelembab alami Olive Oil, yang sangat bagus. Dijamin, keesokan paginya kulit terasa lebih kenyal dan lembab.

83)Pada kemasan produk Sunscreen Gel, tertulis *in vitro testing, apa ya maksudnya?

In vitro testing maksudnya sudah lolos uji secara in vitro (lab). Ketentuan dari BPOM bahwa untuk produk ber-SPF harus lolos in vitro testing ini.

84)Saya bekerja di dalam ruangan full AC, sehingga kulit jadi sangat kering. Sebelum berangkat, saya selalu mengoleskan pelembab wajah. Namun, sepertinya tidak berpengaruh. Wajah tetap kering dan kusam. Produk apa yang cocok untuk saya?

Untuk perawatan kulit kering, tidak cukup hanya mengoleskan pelembab saja. Tapi, harus all in one mulai dari membersihkan, melembabkan, melindungi, merawat dan menutrisi kulit dengan produk yang tepat. Untuk kulit kering, coba Cleanser Normal To Dry dan Hydrating Toner Normal To Dry dari Wardah. Selain mengandung ekstrak Chamomile dan Aloe vera, juga mengandung vitamin E sbg antioksidan. Setelah bersih, oleskan Moisturizer Cream dan Sunscreen Gel SPF 30 jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan. Baru setelahnya aplikasikan TWC atau bedak tabur. Di malam hari, lakukan ritual pembersihan wajah yang sama. Plus, gunakan Intensive Night Cream Wardah yang sudah terbukti menghaluskan dan membuat kulit tetap lembab dan terasa lebih kenyal keesokan paginya. Untuk area mata dan bibir, gunakan juga Olive oil. Jangan lupa melakukan scrubbing dan masker secara rutin.

85)Apakah Sunscreen Gel SPF 30 bisa dipakai oleh wajah yang berjerawat ?

Ya, SPF 30 bisa dipakai untuk orang berjerawat. Tapi sebaiknya pelembab untuk orang berjerawat menggunakan Acne Perfecting Moisturizer Gel. Pelembab yang tidak hanya mengandung tabir surya, tapi juga mengandung Triclosan (anti bakteri penyebab jerawat).

86)Ada yang mengatakan kalau kita menggunakan pelembab justru akan menutupi pori-pori. Apakah benar?

Pelembap tidak menutup pori-pori, sebaliknya pelembab mengadung air yang melembapkan dan merawat pori-pori. Menggunakan pelembap justru mengontrol produksi minyak kulit, membuat pori-pori tetap rapat, sehingga mencegah pembentukan komedo dan jerawat. Kita tinggal di wilayah tropis yang tingkat kelembapannya sangat tinggi. Kelembapan tinggi itu artinya proses penguapan di udara tinggi. Akibatnya kulit menjadi lebih cepat kering. Dalam kondisi ini, maka wajib memakai pelembap secara teratur.

87)Mengapa kulit harus diberi pelembab?

Pelembap alami kulit hanya bertahan 3 jam, setelah kita membersihkan kulit dengan air. Kulit tetap membutuhkan bantuan untuk menjaga kelembapannya. Hal ini berlaku untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Pelembap berfungsi untuk mempertahankan kadar air di bawah kulit. Pelembap bekerja me-rehidrasi kulit; yaitu mengikat molekul air, sekaligus mencegah produksi minyak berlebih.

88)Mengapa ada bentuk gel untuk produk tabir surya untuk wajah?

Gel adalah bentuk sediaan oil-free dan tidak akan menyebabkan jerawat bertambah banyak, terasa ringan dan lembut di wajah. Pada produk tabir surya yang pada umumnya berminyak, maka sediaan yang terbaik adalah sediaan berupa gel.

No comments:

Post a Comment