Sunday, April 7, 2013

Frequently Asked Question 59~ 80 Skin defects and Lightening series

59)Saya sudah menikah berusia 25 tahun, sering menggunakan pemutih wajah. Sejak beberapa waktu lalu kulit wajah saya sepertinya menjadi tipis sehingga muncul garis-garis merah. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara mengatasinya?

Kulit menipis biasanya disebabkan karena proses pengelupasan (eksfoliasi) kulit yang berlebihan. Kemungkinan hal itu disebabkan oleh pemilihan produk pemutih yang kurang tepat. Saran dari kami adalah sebagai berikut: a. Coba gunakan Wardah Pure Olive Oil di malam hari untuk melembabkan dan mengembalikan elastisitas kulit. Olive Oil (minyak zaitun) merupakan produk alami yang terkenal dapat mengenyalkan kulit b. Gunakan Wardah Sunscreen Gel SPF-30 pada pagi hari untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari (UV-A dan UV-B) 1. Jangan lupa gunakan pelindung fisik (seperti payung, topi, atau kacamata) agar terhindar dari cahaya matahari langsung.

60)Umur saya 21 th. Wajah saya kusam dan berjerawat dan mulai bermunculan flek-flek coklat di sekitar pipi. Saya sudah melakukan perawatan tetapi belum membuahkan hasil yang maksimal. Beberapa waktu lalu teman-teman menyarankan agar saya memakai sunblock serta foundation wajah. Benarkah saran dari teman-teman saya?

Yang pertama harus dilakukan adalah mengatasi masalah jerawat. Sarankan untuk menggunakan Wardah Acne Series secara teratur, yang terdiri dari acne cleansing gel, acne gentle scrub, pore tightening toner, acne perfecting moisturizer gel, dan acne treatment gel. Jelaskan masing-masing kegunaan dan cara pakainya. Katakan bahwa foundation boleh digunakan, namun setelahnya harus segera dibersihkan agar tidak menyumbat pori-pori yang dapat menimbulkan jerawat. Sunblock juga harus selalu digunakan untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari yang berbahaya di kulit. Untuk masalah flek-flek hitam, kemungkinan besar itu bukan karena masalah pigmentasi, melainkan bekas noda jerawat (karena usia masih sangat muda). Namun, tenang saja, hal ini dapat dihilangkan dengan penggunaan Acne Series dan scrubbing (dua hari sekali) secara teratur.

61)Saya mau tanya mengenai pemakaian Lightening Night Cream itu pada malam hari termasuk pada saat tidur juga atau hanya untuk cream kalau kita make up malam hari ya?

Penggunaan Lightening Night Cream paling baik adalah sesaat sebelum tidur, tentunya setelah membersihkan wajah. Oleskan merata pada wajah dan leher sambil dipijat ringan (ingat, jangan mengenai mata atau bibir). Jika ada acara di malam hari, sebelum pakai make up, cukup oleskan pelembab biasa atau langsung foundtion cair). Lightening Night Cream ini lebih efektif digunakan sebelum tidur, karena bahan-bahan aktifnya bekerja secara optimal saat kulit sedang beristirahat.

62)Kulit wajah saya sedikit berjerawat,apakah boleh saya menggunakan foundation dan bedak Lightening Two Way Cake ?

Untuk kulit wajah yang cenderung berjerawat atau berminyak, kami sarankan untuk menggunakan foundation jenis cair, yaitu Luminous Foundation karena cepat meresap dan tidak membuat kulit semakin berminyak. Mengenai penggunaan TWC, boleh saja menggunakan Lightening TWC. Tapi jika jerawat sedang meradang (sedang sangat merah), sebaiknya disembuhkan dulu dengan perawatan Acne series dan cukup gunakan Luminous Face Powder saja (bedak tabur). Yang paling penting, ingatlah untuk selalu membersihkan wajah dengan benar setelah pulang atau setiap selesai beraktivitas. Wajah yang tidak dibersihkan dengan benar akan memicu timbulnya jerawat atau komedo.

63)Di brosurnya Wardah, produk whitening ada 2 step, tapi tiap step ada krim pagi dan malam, maksudnya gimana ya? Apa yang harusnya saya pakai?

Memang betul, produk whitening Wardah ada 2 step, dan masing-masing terdiri atas lightening day cream (krim pagi) dan ligthening night cream (cream malam). Lightening step 1 → untuk pemakai yang belum pernah menggunakan produk pencerah kulit (ligthening) sebelumnya Lightening step 2 → untuk konsumen yang sebelumnya sudah pernah menggunakan produk pencerah dan ingin beralih ke Wardah. Kenapa ada 2 step? Dalam produk lightening Wardah terkandung bahan aktif yaitu : AHA yang berfungsi untuk membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit. Pada step 1, konsentrasi AHA nya 2%, sedangkan pada step 2 konsentrasinya 4%. Step 2 ini adalah perawatan pencerahan lanjutan dari step 1. Step 2 dipakai setelah step 1 habis (pemakaian selama 1 bulan).Masing-masing step ini ada krim pagi dan malam. Krim pagi berfungsi sebagai pelembab dan uv protection. Sedangkan krim malam untuk perawatan dan proses eksfoliasi sel-sel kulit. Untuk hasil optimal harus dipakai dua-duanya. Selain krim, seri ligthening Wardah juga ada cleansing milk, toner, body lotion, scrub, masker dan bedak (TWC). Sebaiknya untuk hasil maksimal lebih cerahnya, gunakan seluruh rangkaian. Khusus untuk Lightening Face Mask (masker) gunakan seminggu sekali, untuk scrubbing (Lightening Facial Scrub), 2 hari sekali.

64)Apakah boleh pakai sunscreen gel + LDC step 2 secara bersamaan ?

Boleh, tetapi harus ada jeda 15 menit agar cream meresap terlebih dahulu ke kulit wajah.

65)Kenapa setelah pakai sunscreen gel, kulit menjadi gelap ?

Seharusnya hal ini tidak terjadi, karena Sunscreen Gel SPF 30 adalah perlindungan yang efektif terhadap pengaruh buruk sinar matahari. Namun bila konsumen biasa menggunakan Lightening Day Cream, maka kemungkinan konsumen tersebut akan merasakan sedikit perbedaan, karena sunscreen gel SPF 30 tidak mengandung extract licorice dan AHA yang membantu pengelupasan sel kulit mati.

66)Manakah yang lebih cepat penyembuhan flek nya? Pada kulit yang putih atau kulit hitam ?

Tidak pasti karena tergantung dari pigmen kulit masing-masing.

67)Saya sebelumnya sudah memakai produk pemutih dan hasilnya sudah bagus. Tetapi karena takut ketergantungan maka saya ingin pindah ke Wardah. Apa produk Wardah yang bisa saya gunakan? Saya takut berdampak buruk pada kulit saya.

Sebelumnya tanyakan terlebih dahulu berapa lama konsumen telah menggunakan produk pemutih tersebut dan berapa lama telah berhenti menggunakan produk tersebut. Penghentian pemakaian beberapa jenis produk pemutih akan memberikan efek rebound, yaitu efek penghitaman kembali. Jika waktu berhenti masih baru, kulit wajah konsumen harus direvitalisasi dulu dengan menggunakan Wardah Intensive Night Cream (untuk malam hari) dan lindungi kulitnya dengan Wadah Sunscreen Gel SPF 30 (untuk siang hari). Jika pemakaiannya sudah habis, maka konsumen dapat langsung menggunakan Wardah Lightening Day and Night Cream Step 2.

68)Berapa lama kulit bisa menjadi putih/cerah dengan menggunakan Wardah Lightening Series?

Minimal 30 hari, sudah terasa kulit bertambah cerah dan tampak lebih sehat (kenyal dan lembab). Kulit mengalami siklus penggantian sel setelah 28 hari. Jika ada produk pemutih yang bisa memutihkan kurang dari seminggu biasanya tidak dianjurkan karena efek kerjanya terlalu keras, dan umunnya menggunakan bahan-bahan yang berbahaya. Ingatkan juga konsumen, bahwa kulit kita hanya bisa menjadi cerah/putih, seputih 'kulit yang paling putih yang ada di tubuh kita' (contohnya seperti kulit pada paha, kulit pada lengan bawah); jika ada produk yang bisa memutihkan kulit menjadi 'lebih putih dari kulit paling putih yang ada di tubuh kita', dicurigai produk tersebut menggunakan bahan baku yang berbahaya.

69)Apakah boleh memakai Lightening Day / Night Cream di daerah sekitar mata?

Jangan gunakan produk pencerah kulit di area sensitive seperti area sekitar mata dan mulut. Gunakan Pure Olive Oil untuk area-area tersebut.

70)Apakah menggunakan produk pemutih bisa membuat pori-pori wajah membesar?

Menurut hasil riset bahwa semua bahan baku yang digunakan dalam produk Wardah Lightening Series tidak ada yang dapat membuat pori-pori wajah membesar.

71)Apakah wajah yang sudah pernah menggunakan pemutih yang mengandung mercury atau hydroquinone, tidak mempan lagi menggunakan produk Wardah?

Orang yang sudah terlanjur memakai produk yang mengandung mercury atau hydroquinone, berarti kulitnya bisa dikatakan sudah rusak. Segera hentikan pemakaian, dan ingatkan untuk bersabar. Karena setelah dihentikan maka akan ada efek rebound atau efek samping berupa timbulnya kembali flek-flek hitam pada kulit wajah. Kadang orang merasa sudah tergantung sehingga menggunakan kembali, ini yang disebut ketergantungan dan akhirnya menyebabkan kanker kulit. Selain itu efek putih yang ditimbulkan sebetulnya tidak cantik, kulit menjadi getas dan tidak sehat. Bila dihentikan dan menggunakan kosmetik Wardah, gunakan saja terlebih dahulu Intensive Night Cream selama 30 hari untuk revitaisasi kulit; dengan pengolesan Pure Olive Oil setiap hari; dan gunakan Sunscreen SPF 30 di siang hari. Kulit akan memperbaiki diri secara perlahan, dan mulai menggunakan produk Lightening Series , bisa langsung ke STEP 2. Namun bila kulitnya sudah rusak permanen, sebaiknya diajurkan ke dokter.

72)Setelah berganti memakai Lightening Series, pada kulit konsumen malah timbul flek hitam, padahal sebelumnya dia memakai krim pemutih. Bagaimana?

Wardah Lightening Series memutihkan dan mencerahkan, bukan sebaliknya. Bila ada efek seperti itu, maka itu adalah efek rebound (hitam kembali), biasanya krim yang dipakai sebelumnya tergolong krim yang keras dan mengandung hydroquinon, yang bila diberhentikan pemakaiannya akan menimbulkan efek rebound sehingga flek-flek hitam muncul kembali di kulit wajah.

73)Apakah Lightening Day Cream dan Night Cream cocok untuk kulit berjerawat?

Untuk kulit yang berjerawat, sebaiknya sembuhkan dulu jerawatnya. Jangan gunakan produk Lightening saat jerawat sedang meradang. Gunakan Acne Series, setelah jerawat sembuh/berkurang dan kering, maka boleh menggunakan Lightening Series. Justru dengan menggunakan Lightening Series, noda bekas jerawat lama-kelamaan akan terangkat digantikan sel kulit mati.

74)Mengapa pada saat menggunakan Lightening Day Cream, wajah menjadi cepat berkeringat dan bedak lama kelamaan luntur/pecah?

Pastikan lagi cara penggunaannya. Pertama, pastikan wajah dalam keadaan bersih. Oleskan cream tipis merata, lalu biarkan meresap selama 10-15 menit. Seringkali kita mengoleskan cream terlalu banyak. Gunakan bedak tabur, lalu aplikasikan TWC. Bila menggunakan foundation, gunakan sebelum bedak tabur. Kulit menjadi cepat berkeringat, karena kondisi kulit yang dilapisi cream yang kaya pelembab; mungkin ini terjadi pada kulit yang sangat berminyak. Namun tidak perlu khawatir karena tidak menimbulkan jerawat. Serap kelebihan pelembab dengan bedak tabur.

75)Saya telah memakai kosmetik pemutih dan hasilnya sudah bagus. Tetapi karena takut ketergantungan maka saya pindah ke Wardah. Tetapi bukannya bertambah putih tetapi malah agak kusam dan mulai timbul flek, kenapa?

Sekali lagi, kemungkinan sebelumnya karena Ibu/Mba memakai pemutih yang keras (Hydroquinon bahkan merkuri). Sehingga hitamnya adalah karena pengaruh rebound (hitam kembali) karena pemakaian yang lama dihentikan. Bila Wardah White terus digunakan secara sabar terus maka setelah efek rebound berhenti maka kulit akan bertambah cerah dan lebih sehat.

76)Bagaimana cara mengatasi wajah kusam?

Untuk membuat wajah tidak kusam, gunakanlah rangkaian perawatan pencerahan wajah Lightening series. Mulai dari cleanser, toner, Lightening gentle wash, hingga pelembab yang dapat mencerahkan wajah seperti Lightening Day Cream Wardah untuk siang hari. Malam harinya gunakan krim malam Lightening Night Cream Wardah. Jika digunakan teratur, maka permasalahan kulit kusam bisa teratasi.

77)Saya harus menggunakan air hangat atau air dingin ya, untuk mencuci wajah ?

Air dingin. Sebab, suhu yang tinggi bisa merusak lapisan pelindung kulit secara perlahan, meskipun kadang lebih mudah mengangkat kotoran menggunakan air hangat. Gunakan air dingin untuk membersihkan wajah sekaligus melindunginya.

78)Berapa kali seharusnya saya harus mencuci wajah?

Pada umumnya, untuk kulit normal dan kering, cuci wajah 1-2 kali sehari. Untuk kulit berminyak, jangan lebih dari 3 kali sehari. Meskipun wajah terasa sangat berminyak di siang hari, cukup basuh dengan air. Jika kulit Anda sensitif, mencuci wajah maksimal 2 kali sehari.

79)Apa bedanya peeling cream dan facial scrub, padahal sama-sama berisi scrub?

Peeling cream adalah krim khusus untuk peeling wajah.Butirannya sedikit lebih besar dari facial scrub. Dipakai seminggu sekali, untuk facial. Bagus untuk membantu regenerasi sel karena mempercepat eksfoliasi/pengelupasan. Sedangkan facial scrub, sifatnya lebih ke perawatan 2 harian, dengan butiran scrub yang lebih lembut.

80)Apa bedanya Facial Scrub Wardah yang baru dengan Lightening Facial Scrub Wardah?

Facial scrub Wardah baru diformulasikan non-lightening, untuk konsumen yang tidak ingin atau tidak suka produk-produk berbau lightening. Tekankan pada manfaatnya yang selain membersihkan, tapi juga melembabkan karena formula yang pH balance.

No comments:

Post a Comment